.keuntungan-menggunakan-jaringan-wan.Teknik Dan Panduan Membuat Kutipan Dengan
Citation dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography
A. Daftar
Pustaka
Untuk memulai, jalankan microsoft
word, arahkan mouse kita kebilah menu dan klik pada tab “ references”. Disini kita
akan melihat tombol berlabel “ insert citation” lanjutkan dan klik itu. Menu dropdown
akan muncul dengan beberapa opsi, lalu pilih opsi “ add new sources”. Maka secara
otomatis akan membuka jendela berlabel” create sources”. Di sini kita dapat
memasukkan semua informasi yang akan digunakan untuk membuat kutipan dalam teks
dari sumber kita. Secara default, microsoft wordmenggunakan format APA.
Selanjutnya pada kotak dropdown
dibagian atas jendela berlabel “type of sources”. Kita akan melihat bahwa
defaultnya adalah “book” jadi kita harus mengubahnya sesuai keinginan jika
journal isikan journal. Setelah selesai mengisi klik ok. Dan untuk mengulangi
penulisan daftar pustaka yang selanjutnya dapat menggunkan metode yang sama.
Word akan secara otomatis memasukkan
kutipan yang telah kita buat tadi, selain itu kapan saja kita perlu mengutip
sumber itu lagi, yang perlu kita lakukan hanyalah mengklik tombol “insert
citation” lagi dan akan terbuka daftar dropdown yang memungkinkan kita memilih
sumber yang tetap (asalkan kita telah menambahkan lebih dari satu sumber).
Selanjutnya pastikan bahwa format
yang sesuai dii tab referencesseperti yang telah disebutkan sebelumnya. Word menggunakan
APA secara default jika kita perlu menggunakan format yang berbeda, kita harus
mengubahnya secara manual untuk melakukannya temukan menu”style” ini terletak
di sebelah tombol” insert citation” mengetik dropdown ini akan mencantumkan semua
temuan gaya atau style pemformantan yang dapat kita gunakan dalam dokumen kita.
Cukuplah pilih yang ingin kita gunakan, dan kutipan dalam teks kita akan secara
otomatis diformat dalam gaya itu.
B. Buat
Bibliography
Setelah kita menyelesaikan dokumen
kita, jiika kita ingin membuat bibliography yang berisi daftar semua sumber
kita di satu tempat. Buat halaman baru di akhir dokumen kita dan kembali ke tab
“references” temukan tombol “bibliography’’ (disebelah tombol “insert citation”)
klik diatasnya.
Pada titik ini kita akan diberi
opsi untuk memilih gaya bibliography yang berbeda jika kita menginginkannya. Namun,
jika kita menginginkan gaya yang standar langsung saja klik “insert bibliography”
dan secara otomatis akan membuat bibliography untuk semua tulisan yang kita
kutip dalam dokumen kita dalam format yang benar. Di microsoft word kita juga
dapat membuat sebuah daftar otomatis, seperti halnya daftar isi dan daftar
pustaka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar